Here I Am...

Welcome to Rafela's Blog

Senin, 05 November 2007

SABAR DALAM MENYIKAPI MUSIBAH

Sesungguhnya tidak ada satu kejadian yang luput dari pandangan dan kekuasaan Allah. Jika Allah menghendaki maka segala sesuatu yang ada di dunia ini pasti bisa terjadi. entah itu berupa kebahagiaan atau pun kesedihan dan kita tidak akan pernah tahu kapan musibah itu akan terjadi.

Seperti yang kita saksikan akhir-akhir ini baik melalui media elektronik maupun media massa, dimana bangsa kita saat ini sedang mengalami berbagai macam musibah. mulai dari tsunami di Aceh, gempa di Jogjakarta, Tsunami di Pangandaran, Gunung Merapi yang sudah mengeluarkan lahar panasnya. Belum lagi nasib saudara-saudara kita yang menjadi korban lumpur Lapindo di Sidoarjo sampai berbagai kecelakaan yang terjadi baik di darat, laut maupun udara. belum usai itu semua kita pun dihentakkan dengan berita Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur dan Anak gunung Krakatau di Banten yang dalam status siaga. Betapa semua tak mungkin terjadi jika Allah tak menghendaki.

Melihat berbagai peristiwa alam yang terjadi maka sepatutnya apa yang harus kita lakukan menyikapi hal tersebut? Allah berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 155 yang berbunyi:




"Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar." (QS. Al-Baqarah: 155)

Dari ayat di atas dapat kita ambil makna bahwa bagi orang mukmin musibah yang terjadi merupakan bentuk ujian yang diberikan Allah SWT untuk mempertebal keimanan mereka dan menguatkan hati mereka, betapa Allah telah memperlihatkan kekuasaannya. orang mukmin juga menyadari bahwa musaibah yang terjadi juga meupakan sebagai peringatan langsung dari Allah SWT aga mereka menyadari segala kehilafan serta kesalahan-kesalahan yang pernah mereka lakukan


Untuk itu musibah yang diberikan Allah hendaklah disikapi dengan penuh keikhlasan karena pada dasarnya Allah tidak akn pernah menyusahkan hambanya. jadikan momen peristiwa tersebut sebagai bahan muhasabah untuk lebih mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. semakin orang mampu bersabar menyikapi segala musibah yang dihadapinya niscaya akan terasa betapa nikmat yang Allah berikan demikian besar. Dan Allah pun memberikan balasan bagi orang-orang yang sabar. Allah berfirman:









"Dan berikanlah kabar gembira pada orang-orang yang sabar, yang apabila ditimpa musaibah, mereka berkata 'Inna lillahi wa inna ilaihi raaji'un'. Mereka itulah orang-orang yang mendapat rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk." (QS. Al-Baqarah: 155-157)


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda